7 Cara Mengatasi Laptop / Pc Lemot dan Penyebabnya

7 Cara Mengatasi Laptop / Pc Lemot dan Penyebabnya

7 Cara Mengatasi Laptop / Pc Lemot – Memiliki laptop/pc yang lemot terkadang bisa menyebabkan kita agak kesal, apalagi pada saat sedang asik-asiknya mengerjakan tugas kuliah tiba-tiba laptop menjadi lemot dan lama-kelamaan program menjadi error saat digunakan. Masalah laptop seperti ini jangan anda biarkan terlalu lama.

Jika anda memiliki uang lebih, anda bisa menyisihkan sedikit untuk melakukan service agar performa laptop yang anda miliki kembali normal. Namun jika saat ini anda belum memiliki uang lebih, anda bisa melakukan perawatan sendiri dan mencoba mengatasi masalah laptop/pc anda yang lemot dirumah. Anda bisa mengikuti beberapa panduan pada artikel berikut ini.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

 
Sebelum saya membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop/pc yang Lemot, saya akan terlebih dahulu menjelaskan pada kalian semua beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop menjadi lemot, berikut ini penjelasannya :

1. Laptop/Pc yang anda gunakan memiliki Kapasitas RAM yang kecil

 
Apakah Laptop/Pc yang anda gunakan saat ini memiliki kapasitas RAM (Random Acces Memory) yang kecil ? Jika betul demikian, sangat jelas sekali kinerja dari laptop anda akan menjadi lemot.

RAM merupakan salah satu perangkat komputer yang memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja dari Laptop/Pc yang anda gunakan saat ini.

Kenapa Hal ini dapat terjadi ?

 
Jadi untuk mengetahui hal ini, anda perlu memahami cara kerja dari RAM itu sendiri, berikut ini cara kerja dari RAM ketika komputer anda menyala :

    • Pada saat komputer anda baru dinyalakan, komputer akan masuk kedalam menu BIOS (Basic Input Output System), pada fase ini, sistem akan melakukan pengecekan seluruh hardware dan software apakah bekerja dalam keadaan baik atau tidak.
    • Jika sudah selesai melakukan pengecekan, Bios akan menyediakan beberapa informasi dasar mengenai urutan-urutan, dari mulai booting sampai proses loading sistem operasi mulai muncul.

 

    • Setelah proses tersebut telah selesai, sistem operasi akan di load dari Hardware menuju RAM, pada saat sistem operasi di load ke RAM, CPU akan mengakses informasi tentang sistem operasi secara langsung dan berlangsung dengan cepat.

 

  • Proses seperti itu juga akan berlaku bagi semua aplikasi yang ingin anda jalankan pada laptop/pc anda, jadi pada saat anda ingin membuka aplikasi, data akan diload dari hardisk kedalam RAM, agar RAM bisa mengakses data aplikasi yang ada dihardisk lebih cepat.

 
Nah, itulah mengapa kinerja dari Laptop/Pc sangat dipengaruhi sekali dengan besarnya kapasitas RAM yang anda gunakan.

Cara mengatasi Laptop/Pc yang lemot yang memiliki RAM kecil

 
Jadi untuk mengatasi masalah ini, anda cuma perlu menambahkan kapasitas RAM yang dimiliki laptop anda menjadi lebih besar.

Agar nantinya aplikasi akan menjadi lebih cepat dibuka dan dioperasikan.

2. Anda terlalu banyak membuka program

 
Menjalankan program dalam laptop dalam satu waktu bisa menyebabkan laptop anda akan menjadi lemot.

Apalagi laptop anda masih menggunakan kapasitas ram yang kecil, laptop menjadi lemot saat digunakan merupakan hal yang wajar-wajar saja.

Cara mengatasinya :

 
Jika anda saat ini masih menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi yang minim, sebaiknya bukalah 1 atau beberapa aplikasi saja.

Jika anda sudah selesai menggunakan aplikasi tersebut sebaiknya anda tutup terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi yang lainnya lagi untuk menghindari terjadinya hang/lemot pada saat digunakan.

3. Laptop/Pc anda sedang terkena Virus

 
Banyak dampak negatif yang akan kita rasakan jika virus sudah masuk dan mulai menyebar pada laptop.

Seperti banyaknya program/aplikasi yang ada pada laptop menjadi error, lambat saat dibuka dan ada juga yang sampai tidak bisa dibuka.

Permasalahan seperti ini sangat sering sekali saya rasakan. Bukan hanya aplikasi yang menjadi error dan lambat.

Kinerja dari sistem operasi juga akan terganggu jika virus sudah menyebar sepenuhnya.

Data-data yang ada dilaptop juga akan menjadi tidak aman kalau sudah terjangkit virus dan terkadang bisa sampai disembunyikan (terhidden sendiri).

Bagi orang awam, pasti akan langsung panik jika hal ini sampai terjadi.

Cara mengatasinya :

 
Untuk menghilangkan virus dari komputer, anda harus menggunakan antivirus yang handal serta mampu menjaga laptop anda dari segala virus yang mau masuk kedalam sistem

Anda sebaiknya menggunakan anti virus yang berbayar, jangan mudah tergiur menggunakan antivirus yang free, karna biasanya fitur yang disediakan akan terbatas.

Berbeda dengan antivirus yang berbayar, biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Setelah anda membeli antivirus yang berbayar, lakukan update database antivirus secara berkala.

Agar database virus yang baru bisa anda dapatkan, agar nantinya jika ada virus baru yang mau masuk kesistem anda, antivirus bisa langsung mengenalinya bahwa itu merupakan virus.

Anda juga harus berhati-hati jika ingin mendownload program dari internet, karena diinternet sangat banyak sekali virus-virus yang bertebaran.

4. Menginstall Program yang besar pada laptop

 
Oke balik lagi saya jelaskan dan tegaskan, jika anda memiliki laptop/pc yang memiliki spesifikasi yang minim sebaiknya jangan anda terlalu memaksakan menjalankan program yang banyak dan jangan menginstall program yang memiliki kapasitas yang besar.

Cara mengatasinya :

 
Jadi, jika anda ingin menginstall sebuah aplikasi, sebaiknya anda sesuaikan dengan recomendasi spesifikasi aplikasi tersebut.

Jika request hardware yang dibutuhkan melebihi spesifikasi laptop anda, sebaiknya jangan anda install aplikasi tersebut, karena akan membuat laptop anda akan menjadi lemot nantinya.

5. Terlalu banyak program yang sedang berjalan pada startup sistem operasi anda

 
Terlalu banyak program yang terbuka/berjalan pada saat laptop baru pertama kali dihidupkan bisa membuat kinerja dari laptop/pc anda bisa menjadi lemot.

Cara mengatasinya :

 
Jadi, untuk mengurangi program yang otomatis berjalan pada saat sistem baru dihidupkan anda bisa melalui system Configuration.

Pada menu startup anda bisa mengaturnya disana, jadi anda bisa mendisable semua program yang berjalan pada saat startup.

6. Anda terlalu banyak menginstall program

 
Menginstall terlalu banyak program pada laptop/Pc tentu akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja dari laptop yang anda gunakan.

Anda bisa membedakan bagaimana rasanya menggunakan laptop yang baru selesai install ulang dengan laptop yang sudah lama yang dipenuhi dengan banyak aplikasi.

Perbedaan kinerjanya akan sangat jauh sekali terasa, namun jika anda memiliki spesifikasi laptop yang bagus, tentu hal seperti tidak akan menjadi masalah.

Cara mengatasinya :

 
Untuk mengatasi permasalahan ini anda cuma perlu melakukan uninstall program yang jarang digunakan.

Tidak ada gunanya membiarkan program yang jarang digunakan tetap terinstall pada laptop anda, jadi alangkah baiknya program-program tersebut anda uninstall saja semuanya untuk membebaskan sedikit ruang pada laptop anda dan meningkatkan performanya.

7. Banyaknya file-file sampah yang menumpuk pada laptop anda

 
File-file sampah seperti temporary, file yang ada pada recyle bin, chace, akan sangat mempengaruhi kinerja dari laptop yang anda gunakan.

Cara mengatasinya :

 
Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, anda bisa menggunakan software seperti CCleaner.

software ini sangat ampuh sekali dipakai untuk membersihkan file-file sampah yang menumpuk pada laptop, saya juga sudah biasanya menggunakan software ini dan terbukti hasilnya.

Oke,,, mungkin itu saja artikel yang bisa saya sharing ke teman-teman semua, semoga dengan membaca artikel ini, permasalah laptop yang lemot yang sedang anda hadapi akan teratasi, terima kasih banyak atas kunjungannya.