8 Chipset Terbaik Pada Smartphone / HP Android

7 Chipset Terbaik Pada Smartphone HP Android

8 Chipset Terbaik Pada Smartphone / HP Android

Ada beberapa Merk Chipset Terbaik Saat ini – Anda pasti sering mendengar istilihat chipset pada saat melihat spesifikasi pada smartphone saat ini. Chipset memang salahsatu komponen penting pada perangkat mobile terutama android. Karena chipset berpengaruh terhadap performa sebuah perangkat smartphone.

Chipset sebenarnya digunakan pada komputer untuk mengatur grafis, memory, sound dan komponen lain pada komputer. Namun sekarang chipset dikembangkan pada smartphone untuk mengontrol grafis, jaringan konektifitas (HSDPA, 3G, 4G). Didalam sebuah satu chipset pada perangkat mobile smartphone android, terdapat komponen-komponen microchip seperti prosessor, gpu, jaringan, dan komponen lain yang digunakan untuk menjalankan sebuah smartphone.

Chipset juga sering disebut dengan Soc (System On A Chip), Soc ini menyimpan semua komponen dalam sebuah silikon chip untuk meningkatkan efektifitas dan fungsional. Karena smartphone memiliki bentuk yang sangat tipis dan juga sedikit ruang untuk meletakan semua komponen yang ada pada smartphone. Berbeda dengan komputer, Pada komputer semua komponen pengolah bisa diletakan pada CPU atau Sentral Processing Unit.

Banyak varian chipset yang memiliki performa handal yang sudah digunakan pada smartphone android. karena chipset memang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas dan kinerja smartphone, namun juga harus diimbangi dengan ram, gpu, dan processor yang digunakan. berikut adalah chipset terbaik yang digunakan pada smartphone android kelas atas.

1. Snapdragon

Chipset android terbaik snapdragon

Baca Juga : Cara Share atau Berbagi Lokasi di WA Whatsapp

Snapdragon adalah salah satu produk daru perusahaan Qualcomm, yang memiliki kualitas yang bisa dibilang terbaik untuk saat ini. Snapdragon memiliki keunggulan pada ketangguhan processor konektifitas dan hemat daya. Chipset snapdragon banyak digunakan pada smartphone android dengan teknologi tingkat tinggi.

Chipset snapdragon sudah digunakan pada merk-merk vendor smartphone ternama seperti LG V30, Google Pixel 2, Samsung Galaxy Note 8, Sony Experia XZ yang sudah menggunakan chipset snapdragon 835.

Chipset snapdragon 835 sudah menggunakan Processor Clock Speed Up to 2.45 GHz, video capture Up to 4K Ultra HD, dan sudah suport USB versi 3.1. Pada chipset snapdragon 835 menggunakan GPU adreno 540 sehingga mampu untuk menjalankan game HD tanpa lag.

2. Mediatek

Chipset android terbaik mediatek

 

Mediatek atau sering di sebut dengan MTK, merupakan salah satu chipset android yang berasal dari taiwan. Chipset mediatek memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan chipset snapdragon. Chipset Mediatek memang menargetkan pada smartphone dengan kualitas menengah.

Namun bukan berarti chipset ini memiliki kualitas yang jelek, karena setiap chipset yang dimiliki para pengembang memang memiliki keunggulan masing-masing entah dari segi kualitas, harga dan target.

Salah satu chipset terbaik yang dimiliki mediatek (MTK) saat ini adalah ChipsetMediatek Helio Series-X dan Series-P. Chipset terbaru dari mediatek ini sudah menggunakan processor 10 inti core 64 bit dan memiliki kecepatan  Up to 2.2 GHz. Chipset mediatek ini menggunakan GPU Mali-450 yang lebih mengutamakan grafis dan performa, sehingga konsumsi dayapun menjadi lebih besar dan boros.

3. Exynos

Chipset android terbaik exynos

 

Exynos sendiri merupakan chipset yang dikembangkan oleh samsung. Chipset ini sering kita jumpai pada smartphone samsung dan juga meizu. Di indonesia smartphone samsung menggunakan chipset exynos, sedangkan di pasar amerika samsung menggunakan snapdragon untuk memenangi pemasaran disana.

Chipset exynos dari samsung ini sudah mengeluarkan chipset andalan mereka yang terbaru, diataranya ada Exynos Series (8895), Exynos Series 7 (7880), dan Exynos Dual (7270). Samsung varian galaxy A7, j3, j5, dan j7 telah menggunakan Exynos Series 7. Sedangkan Exynos Series 9 digunakan pada smartphone android samsung Galaxy S8, S8+, dan Samsung Galaxy note 8.

Chipset exynos ini memiliki keunggulan pada grafis dan juga konsumsi daya. Namun chipset ini memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan chipset lain. Exynos cocok bagi pengguna yang gemar bermain game online, pasalnya daya tahan baterai dan juga GPU yang digunakan GPU Mali merupakan salahsatu GPU terbaik. Selain itu exynos juga angat bagus dibidang koneksi atai jaringan internet.

4. Nvidia Tegra

Chipset android terbaik nvidia tegra

 

Sudah tidak asing dengan salah satu produsen kartu grafis terbaik ini. Nvidia juga tidak mau kalah dengan perusahaan-perusahaan lain. Nvidia sudah lama mulai mengeluarkan chipset khususnya untuk perangkat mobile android. Nvidia tegra hdir di pasaran untuk ikut bersaing dengan chipset-chipset lain yang sudah rilis lebih awal. Chipset android terbaru yang dimiliki Nvidia tegra saat ini adalah Nvidia tegra X1.

5. Chipset Apple

Chipset android terbaik chipset apple

 

Chipset android terbaik selanjutnya adalah dari perusahaan apple. Chipset ini hanya digunakan pada perangkat apple saja, seperti pada smartphone ipad, ipod, Apple Watch, dan juga Apple TV. Chipset apple memang tidak bisa diremehkan dari segi kualitasnya, karena dalam beberapa pengujian dengan vendor pesaingnya yaitu Samsung dan Motorola yang menggunakan chipset Exynos.

Baca Juga : 7 Aplikasi Trading Terbaik Paling Aman

Dalam pengujian chipset apple yaitu A9 disandingkan dengan chipset Exynos milik Samsung. Hasilnya chipset milik apple terbaru ini lebih unggul dibandingkan dengan dengan Exynos 7420 yang merupakan chipset terbaik milik samsung saat ini.

6. Intel Chipset

Chipset android intel chipset

 

Perusahaan intel juga mengeluarkan chipset untuk android terbarunya yaitu chipset intel atom X3 (soFIA). Chipset ini memiliki kenggulan pada segi penggunaan daya dan juga minim terjadi overheat. Walaupun masih menggunakan processor dual-core namun dalam segi penggunaan chipset ini sangat baik dan serasa menggunakan quad-core. Beberapa merk smartphone terkenal yang tenah mencoba kempuhan chipset ini diantaranya adalah Lenovo, Asus Zenfone, Dell venue, dan juga Motorola.

7. PXA chipset

Chipset android terbaik PXA

 

Chipset android terbaik yang satu ini merupakan chipset yang dikembangkan oleh perusahaan Marvell. Chipset ini memang jarang digunakan pada smartphone untuk pasaran Indonesia. Chipset milik Marvell ini biasa dipakai pada smartphone Coolpad.

Namun dulunya chopset ini juga digunakan pada Samsung Galaxy tab dan juga HTC. Walaupun terbilang chipset lawas, namun PXA juga memiliki satu versi chipset yang sudah suport 32 dan 64 bit. Chipset tersebut adalah versi PXA1918 dan merupakan chipset terbaik yang dimiliki perusahaan marvell.

8. Chipset Huawai Kirin

chipset terbaik huawai kirin

Huawai merupakan merk ponsel yang cukup terkenal baik di asia maupun indonesia. Huawai dulu memanglah perusahaan modem yang kemudian mulai mengembangkan dan memasarkan ponsel android mereka. Bukan cuma itu huawai juga sudah mengembangkan chipset mereka sendiri yang bernama Kirin. Chipset kirin tidak seperti chipset-chipset lainya yang digunakan banyak merk smartphone terkenal.

Chipset kirin benar-benar hanya digunakan untuk smartphone mereka sendiri, karena keyakinanya itu mereka tidak memasarkan chipset buatanya untuk merk smartphone lain. Chipset kirin sendiri memiliki kelebihan pada sisi jaringan.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi HP Macet / Hang Restart Sendiri

Pantas saja huawai dulunya memang sudah berkelana dibidangnya tersebut yaitu memproduksi modem. Chipset kirin juga terkenal karena konsumsi daya yang tidak begitu besar, sehingga aman jika ingin menggunakan ponsel anda berlama-lama tanpa kehabisan baterai.

Walaupun chipset sangat berpengaruh terhadap kualitas dan ketangguhan smartphone atau HP android. Namun tetap saja, jenis ram dan juga jumlah core juga sangat berpengaruh terhadap kualitas HP anda. Dengan mengetahui keunggulan beberapa merk chipset terbaik diatas, semoga bisa membantu anda untuk lebih teliti dalam membeli sebuah smartphone dengan memperhatikan chipset yang sudah tertanam pada smartphone tersebut.