7 Tips Membeli Laptop Bekas atau Baru

7 Tips Membeli Laptop Bekas atau Baru
7 Tips Membeli Laptop Bekas atau Baru

Beberapa Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Anda ketahui – Saat ini menjadi alat yang wajib di miliki siapapun. Karena tak bisa di pungkiri, bahwa kegunaan atau manfaat laptop bagi kalangan tertentu memang menjadi sebuah keharusan.

Dengan laptop kita akan mudah melakukan suatu pekerjaan. Dan bagi para pelajar, kegunaan laptop juga sangat penting. Di samping untuk memudahkan belajar, laptop bagi pelajar juga penting guna mencari soal atau bahkan mencari jawaban.

Namun perlu di ketahui dalam membeli laptop bekas maupun baru anda harus memperhatikan kualitas dari laptop yang akan anda beli, baik itu bekas maupun masih baru. Untuk memilih dan membeli laptop bekas memang cukup mudah, namun jika anda tidak memperdulikan beberapa langkah yang akan kami berikan, maka anda akan terjerumus pada pilihan yang salah.

Mengapa anda harus memilih laptop dengan benar. Jawabanya adalah karena sebuah laptop sekarang menjadi alat yang sangat dibutuhkan baik dari kalangan pelajar maupun pekerja. Jika anda salah memilih atau membeli unit laptop baru maupun laptop bekas, maka hal tersebut akan sangat mengecewakan.

Misal anda sebagai pelajar yang hanya butuh spek medium. Namun palah laptop yang kamu pilih adalah laptop untuk gaming. Tentu hal tersebut tidaklah efisien dan tentunya akan menghambur-hamburkan uang karena harga yang terlalu mahal.

Untuk menghindari hal seperti di atas saya akan memberikan beberapa tips membeli laptop bekas atau laptop baru yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan kebutuhan. Berikut Tips Memilih dan membeli laptop yang berkualitas.

Tips Membeli Laptop Baru atau Bekas

1. Tentukan Merek

Sebelum membeli laptop bekas ataupun baru alangkah baiknya kita harus memilih merek laptop yang paling laris di pasaran yang sesuai dengan kebbutuhan kita. Seperti halnya untuk pelajar kebanyakan menggunakn merek Acer, Advan, Asus, lenovo, Tosibha dan masih banyak lagi.

Namun untuk para pekerja kantoran kebanyak menggunak merek Dell dan Aplle. Karena laptop dari dell dan juga aple memiliki ketangguhan yang lebih baik dibandingkan dengan laptop-laptop merk lain. Berikut beberapa tips membeli laptop bekas maupun baru.

2. Desain Yang Tipis

Tips membeli laptop selanjutnya adalah pilihlah laptop yang mempunyai desain cukup tipis di kelasnya. Karena dengan desain yang tipis maka akan memudahkan kita untuk membawanya dan tidak memakan tempat.

Selain itu laptop yang mempunyai desain tipis biasanya sudah di beri spesifikasi Intel Inside. Yang mana Intel Inside ini mempunyai perfoma yang cukup baik untuk laptop murah.

3. Pencet Semua Tombol

Dengan cara ini kita akan mengetahui akan fungsi atau tidaknya satu tombol. Jangan pernah membeli laptop tanpa mengecek tombol. Cek semua tombol yang ada di laptop, dan pastikan semua berfungsi seperti kegunaannya.

Karena kerusakan pada tombol tidak masuk dalam garansi pabrikan. Karena pabrikan akan berdalih itu merupakan kesalahan dari pembeli.

4. RAM Yang Besar

Untuk tips yang ke empat ini juga perlu di perhatikan. Sebab jika kita memilih laptop yang mempunyai RAM di bawah 2 GB, maka jangan harap laptop anda bekerja dengan baik. Kekuatan laptop itu bertumpu pada RAM. Pilihlah RAM dengan ukuran paling kecil 2 GB.

Untuk kelas pelajar dengan RAM 2GB itu sudah mencukupi untuk mengerjakan tugasnya. Namun bagi anda para pecinta game on line atau desain grafis, sebagiknya memilih laptop dengan RAM di atas 4GB.

5. Spesifikasi Dapur Pacu Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Untuk market laptop di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak sekali bermunculan tipe – tipe laptop yang menawarkan bermacam – macam spesifikasi. Hal ini terjadi karena laptop merupakan kebutuhan setiap orang. Maka dari itu pilihlah laptop yang mempunyai spesifikasi yang tepat sesuai kebutuhan anda.

Seperti halnya prosesor super cepat untuk encoding video, atau VGA khusus untuk game.

6. Daya Tahan Baterai

Nah tips yang satu ini wajib anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli laptop pilihan anda. Anda harus memastikan akan daya baterai yang di keluarkan betarai pada laptop pilihan anda. Pilihlah ukuran baterai yang sesuai dengan kegunaan laptop anda. Untuk para pelajar biasanya baterai yang tahan 3 sampai 4 jam.

7. Sevice Center Terdekat Dengan Rumah Anda

Tips yang terakhir ini perlu sekali, sebab semakin dekat anda dengan Service Center maka anda akan semakin mudah untuk melakukan komplain jika ada kerusakan. Selain itu anda akan lebih hemat waktu, mengingat service center yang dekat.

Mungkin itu beberapa tips yang perlu anda lakukan sebelum membeli laptop baru dengan harga yang ramah. Pastikan barang yang akan anda beli merupakan produk yang terbaik dan merupakan produk yang mempunyai garansi pabrikan 1 tahun. Di atas sudah saya paparkan 7 tips membeli laptop bekas atau baru namun harus berkualitas. Semoga bermanfaat!