Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri Di Android Dijamin Berhasil 100%

Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri Di Android Dijamin Berhasil 100%

Bank mandiri secara resmi menginformasikan kepada nasabahnya bahwa layanan internet banking sudah ditutup dan para nasabah bisa menggunakan layanan mobile banking sebagai ganti dari tutupnya layanan internet banking.

Sebelumnya, apa sih perbedaan internet banking dengan mobile banking? Sebenarnya pada dasarnya internet banking dan mandiri banking memiliki fungsi serupa yakni merupakan layanan yang bisa digunakan nasabah mandiri untuk melakukan aktivitas perbankan mereka seperti cek saldo, transfer, pembayaran, pembelian, dll tanpa harus datang ke bank ataupun ATM.

Bedanya, internet banking bisa diakses nasabah melalui website internet banking mandiri yang bisa dibuka melalui aplikasi browser smartphone maupun laptop/PC. Sedangkan mobile banking mandiri merupakan layanan berbasis aplikasi smartphone yang harus di install terlebih dahulu.

Baca Juga :

So, jika sobat saat ini ingin beralih ke mobile banking dan ingin tau cara aktivasi mobile banking mandiri di android karena selalu GAGAL mendaftar dan mengaktifkannya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara aktivasi mobile banking mandiri di android.

Pasti Berhasil ! Ini Dia Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri di Android Smartphone

Aplikasi mobile banking mandiri punya tingkat pengamanan berlapis yang lebih tinggi daripada internet banking karena banyak sekali proses verifikasi nya. Sebelum masuk ke pembahasan cara daftar mandiri online di hp android, ada hal yang perlu sobat perhatikan terutama bagi sobat yang belum pernah menggunakan layanan mandiri SMS banking, Internet Banking dan Mobile Banking sebelumnya.

Persyaratan untuk menggunakan layanan mobile banking adalah sudah pernah mengaktifkan fitur SMS banking. So, bagi kalian yang belum pernah sama sekali menggunakan 3 fitur yang kami sebutkan (SMS banking, internet banking, mobile banking mandiri) artinya kalian belum mengaktfikan fitur SMS banking/finansial.

Jadi, kalian harus mengaktifkan fitur tersebut dengan cara datang ke cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas, kartu debit dan buku mandiri tabungan. Di sana kalian juga akan diminta untuk membuat 6 digit MPIN.

Adapun persyaratan lain yang wajib kalian perhatikan untuk menggunakan layanan mobile banking adalah :

  1. Hanya gunakan nomor HP dari 4 operator berikut : TELKOMSEL, INDOSAT, XL, SMARTFREN. Lainnya? Belum bisa!
  2. Pastikan nomor HP yang digunakan untuk mengaktifkan fitur sms finansial/sms banking selalu TERISI PULSA. Karena aplikasi Mandiri Online akan mengirimkan SMS untuk memverifikasi nomor sobat dan tarif SMSnya akan dibebankan kepada penerima.

Nah, kalau persyaratan di atas sudah sobat penuhi, artinya sobat sudah bisa lanjut ke step cara aktivasi mobile banking mandiri di android berikut ini :

  1. Install aplikasi mobile baking mandiri melalui google playstore.
  2. Setelah install, buka aplikasi lalu klik DAFTAR.
  3. Masukkan 16 digit nomor kartu debit (ATM), beserta expiry date, dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia.
  4. Selanjutnya, aplikasi akan menginfokan bahwa mereka akan mengirimkan sms verifikasi ke sistem. Inilah uniknya mandiri. Kalau mobile banking yang lain biasanya hanya berupa kode OTP. Sobat cukup klik OK saja dan akan di arahkan ke aplikasi SMS dan cukup mengklik tombol SEND SMS.
  5. Jika sudah selesai verifikasi, sobat akan diarahkan untuk membuat username dan password. cara aktivasi mobile banking mandiri di android
  6. Setelahnya, kalian bisa mengisi data tambahan jika mau. Masukkan alamat Email (Jika sobat ingin terima notifikasi disetiap aktivitas banking melalui email). Tambahkan gambar profil (tidak wajib), lalu klik Buat Akun untuk melakukan perubahan data.
  7. Masukkan MPIN yang sudah sobat buat saat datang ke cabang untuk aktivasi pertama kali.
  8. Selesai! Silakan sobat masuk dengan menggunakan user ID dan password yang tadi dibuat.
    cara aktivasi mobile banking mandiri di android

Cara Mengatasi Gagal Aktivasi Mobile Banking Mandiri

Mimin mengalami pengalaman serupa yakni selalu gagal aktivasi mobile banking mandiri. Dengan melakukan beberapa step ini, akhirnya mimin berhasil mengaktifkan mobile banking mandiri di hp android mimin. Kegagalan aktivasi yang mimin alami adalah saat sistem mandiri ingin mengirimkan sms dimana sms selalu gagal terkirim.

So, bagi kalian yang mengalami hal serupa, coba cek hal-hal berikut ini!

  1. Cek Settingan Nomor Pusat Pesan Di Android Sesuai Operator Seluler Yang Digunakan
    Hal ini mimin ketahui setelah menelepon CS mandiri dan juga CS Indosat. Ternyata problem gagal mengirim SMS ada di sisi pengguna operator. Setelah menelepon CS indosat, saya diminta untuk setting nomor pusat pesan di android. Sobat bisa googling mengenai cara setting nomor pusat pesan di android beserta info nomor pusat pesan masing-masing operator.
  2. (Khusus HP Dual SIM) Cek Kembali Nomor Yang Digunakan Saat Mengirim SMS
    Nah ini juga kadang sepele tapi banyak yang kurang ngeh. Coba ulangi proses verifikasi SMS dengan memerhatikan SIM mana yang kalian gunakan untuk mengirim SMS. Pastikan menggunakan nomor SIM yang sudah didaftarkan saat aktivasi fitur sms finansial.
  3. Cek Pulsa Dulu!
    Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, sms banking ini membutuhkan pulsa. Jika pulsa kalian kosong, coba isikan pulsa ke nomor yang digunakan/didaftarkan di sms finansial.

Seharusnya, dengan memerhatikan hal-hal di atas, kalian sudah pasti berhasil aktivasi mobile banking mandiri di android. Jika kalian masih mengalami kesulitan, tidak ada salahnya menelepon layanan mandiri call di 14000.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya ya!