Cara Membuat Barcode

3 Cara Membuat Barcode Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Saat ini kita semua sedang berada di era yang serba digital di mana semua hal bisa dilakukan dengan sistem komputerisasi. Semua hal dapat berjalan otomatis dan terlaksana dengan mudah, salah dengan menggunakan barcode. Dengan cara membuat barcode maka kita bisa melakukan pendataan dengan mudah.

Barcode ini sudah tidak asing lagi di kehidupan kita khususnya di beberapa kemasan makanan maupun minuman komersial. Namun memang perlu diakui bahwa dahulu, untuk menciptakan barcode ini memerlukan alat tersendiri. Sekarang, untuk menciptakannya kamu bisa melakukannya sendiri apalagi kini sudah ada sistem online dan penggunaan teknologi berbasis komputer semakin maju.

Cara Membuat Barcode

Setelah mendengar ulasan seperti di atas, lalu bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, ada banyak jalan menuju roma dan ada banyak cara untuk kamu yang membutuhkan barcode. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Menggunakan Laman Resmi

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan laman resmi di mana biasanya digunakan untuk bisnis. Ya, dengan cara ini maka kamu bisa membuat barcode menjadi resmi dan bisa discan secara komersial di berbagai alat scan di seluruh Indonesia. Bagaimana caranya? simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Yang pertama, kamu harus membuat nomor UPC/ISBN terlebih dahulu untuk produk yang kamu jual. Untuk membuatnya, kamu harus membuat angka yang sama pada awalnya dan berbeda dengan angka terakhir.
  2. Untuk mendapatkan UPC, kamu bisa pergi ke laman gs1us.org. Perlu diketahui bahwa G1S merupakan organisasi resmi sebagai mitra dalam membantu pembuatan barcode digital. Di sana kamu tinggal memasukkan data produk dan juga rincinya secara lengkap.
  3. Setelah mendapatkan kode UPC maka selanjutnya daftarkan produk kamu ke ISBN dengan masuk ke laman org. Di sini kamu tinggal mengikuti petunjuk yang sudah jelas dan meminta ISBN tunggal, blok penerbit nomor ISBN, atau nomor penerbit ekstra ISBN.
  4. Di ISBN.org kamu akan meminta kode dari ISBN melalui Browker untuk melakukan konfirmasi produk.
  5. Setelah ISBN dikirimkan maka selanjutnya kamu boleh meletakkan barcode di kemasan produk yang mana biasanya diletakkan di bagian belakang.
Baca Juga :   Cara Login Call Of Duty Mobile Garena Untuk Nyobain Versi CBT Walau Gak Lolos Jadi Beta Tester

2. Menggunakan Ms. Excel

Cara yang selanjutnya, kamu bisa membuat barcode dengan menggunakan Ms. Excel yang ada di PC secara offline. Ya, tak perlu mendaftarkan produk kamu kepada pihak resmi melainkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini tentu hanya bisa digunakan untuk keperluan inventori pribadi sehingga tidak bisa discan menggunakan alat scan komersial. Cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pendataan barang-barang atau data di dalam satu instansi. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu bisa masuk ke laman com untuk mengunduh font barcode. Klik Font Tools
  2. Kemudian, cari menu Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word kemudian klik Download
  3. Tunggu proses pengunduhan selesai dan buka file yang berbentuk zip kemudian extract
  4. Buka Ms. Excel Anda, kemudian buka menu Tools klik macro dan klik visual Editor
  5. Selanjutnya, klik menu File dan klik import File
  6. Buka kembali browser, buka menu download dan cari file dengan nama bas kemudian file tersebut bisa ditambahkan ke Ms. Excel
  7. Keluar dari jendela Editor Visual Basic, kemudian buka halaman barus dan barcode bisa digunakan dengan mengujinya.
  8. Coba uji dengan mengetik angka dan huruf di salah satu sel dan buat satu sel lainnya menggunakan font ID Atomatisasi dengan kode yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

3. Menggunakan Aplikasi

Dan yang terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi di HP kamu baik dengan menggunakan Android maupun iOS. kamu bisa mencari aplikasi di Google PlayStore maupun di AppStore dengan kata kunci “aplikasi pembuat barcode”. Pada umumnya semuanya memiliki cara yang mirip-mirip, yaitu:

Baca Juga :   Hero Untuk Solo Ranked & Push Rank Terbaik Mobile Legends
  1. Pertama, buka aplikasi yang kamu pilih
  2. Pilih buat Barcode Baru
  3. Pilih jenis barcode yang kamu inginkan
  4. Isikan data-data mengenai barcode yang akan kamu buat
  5. Kemudian, barcode tersebut bisa kamu simpan dalam format jpg atau png sesuai dengan keinginan.

Setelah barcode jadi, bisa kamu cetak menggunakan printer baik di kertas biasa atau kertas stiker dan bisa discan menggunakan aplikasi ini lagi dengan menu scan barcode.

Itulah beberapa cara untuk membuat barcode sendiri menggunakan HP atau pun menggunakan laptop maupun melalui HP dengan mudah dan cepat. Kini siapa saja sudah bisa menggunakan barcode untuk berbagai keperluan khususnya di bidang bisnis.

Anda bisa memilih satu dari cara di atas yang sesuai dengan perangkat maupun kemampuan dalam menciptakannya. Semoga informasi cara membuat barcode dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan barcode. Semoga berhasil!

Gugus Gustian

A Man Who Love Game and His Own World | Baka Inside

Leave a Comment