Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Xiaomi Agar Memori Internal Tidak Penuh

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Xiaomi Agar Memori Internal Tidak Penuh

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori – Sobat mixotekno, xiaomi merupakan salah satu merk smartphone yang kini sangat diminati oleh banyak kaum milenial di seluruh dunia, tak ketinggalan pula di Indonesia. Xiaomi hadir dan mengguncang dunia teknologi per-smartphone-an dengan menyediakan perangkat smartphone murah dengan spesifikasi yang joss. Maka dari itu, tak perlu waktu lama bagi xiaomi untuk merebut hati pengguna smartphone di Indonesia.

Seperti yang sobat ketahui, xiaomi sendiri kini hadir dengan adanya ruang penyimpanan internal atau memory internal. Semakin tinggi harga xiaomi, maka semakin besar pula kapasitas ruang memori internal tersebut. Namun tak seperti produk apple, produk xiaomi masih mengizinkan penggunanya untuk memasang SD card atau memori eksternal di smartphone xiaomi mereka.

Memori internal pada xiaomi berfungsi sebagai tempat atau media penyimpanan sistem dan aplikasi. Bahkan hasil jepretan foto dan video sobat juga akan tersimpan di memori internal jika sobat tak mengatur penyimpanan ke SD card. Masalah yang sering dihadapi pengguna xiaomi adalah memori internal yang penuh. Apakah kini sobat mengalaminya?

Baca Juga :

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Xiaomi Untuk Mengatasi Memori Internal Penuh

Secara mandatori, semua aplikasi yang terinstall di xiaomi sobat akan tersimpan di memori internal. Walhasil, banyak yang mengalami masalah memori internal penuh. Tentu saja kedua hal di atas berkaitan karena sobat bisa bayangkan berapa banyak aplikasi yang terinstall di smartphone kalian beserta data-data di aplikasi tersebut?

Pada Android merk lain, memindahkan aplikasi ke SD card bukanlah hal mustahil dan dapat dilakukan secara manual. Namun xiaomi memiliki pakem berbeda. Cara pindah aplikasi ke SD card xiaomi tidak bisa dilakukan secara manual seperti android merk lain. Hal ini disebabkan karena MiUi tidak menyediakan fitur pindah aplikasi ke sd card xiaomi. Akhirnya banyak pengguna yang bingung bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu memori di hp xiaomi.

Suka tidak suka, begitulah cara kerja xiaomi, karena menurut xiaomi dengan memindah aplikasi ke memory external akan menurunkan kinerja aplikasi beserta hp xiaomi itu sendiri. Lalu, adakah cara memindahkan aplikasi ke SD card xiaomi yang ampuh dan work 100%? Berikut ulasannya dan baca sampai habis.

  1. Pertama Dan Pasti Work 100% ! Root Perangkat Xiaomi Sobat

Jika sobat menginginkan cara paling ampuh untuk dapat memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal, maka cara tersebut adalah dengan melakukan root pada perangkat xiaomi miliki sobat.

Baca Juga :

Namun melakukan root pada android bukanlah langkah tanpa resiko. Pastikan sobat paham step by step melakukan root karena sekali melakukan kesalahan saja akan membuat smartphone sobat rusak dan sulit untuk diperbaiki.

2.  Jadikan SD Card Kalian Backup Memori Internal

Ternyata, xiaomi memberikan opsi kepada penggunanya untuk menjadikan SD card yang sobat pasang menjadi memori internal tambahan loh! Ikuti cara berikut ini

  • Masuk ke menu setting >> SD Card
  • Pilih icon titik 3 di pojok kanan atas nantinya akan muncul pilihan, sobat pilih “format sebagai internal”

cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi

WARNING : Sebelum melakukan cara ini, backup data yang ada di SD card terlebih dahulu, karena cara ini akan memformat SD card sobat dan sudah pasti data akan hilang apabila di format.

Sejauh ini, cara kedua adalah cara paling aman dan bisa dibilang alternatif dari cara memindahkan aplikasi ke SD card di HP xiaomi. Paling tidak, dengan cara kedua ini sobat bisa memberikan ruang tambahan untuk memori internal sobat.

Kami sudah melakukan mini riset mengenai cara memindahkan aplikasi ke SD card xiaomi yang diklaim ampuh. Mungkin sobat juga pernah membaca tips menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD seperti AppMgrII dan Link2SD. Namun jika sobat cermati review pengguna, banyak sekali yang memberikan review negatif.

Terlebih review negatif tersebut berasal dari pengguna smartphone xiaomi yang mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa bekerja pada smartphone xiaomi.

Bagaimana? Apakah sobat cukup puas dengan artikel ini? Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat mixotekno yang membacanya.