Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

CARA MENAMBAH MEMORI INTERNAL ANDROID

Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

Smartphone android keluaran terbaru saat ini sudah menyediakan memori internal tersendiri dengan kapasitas mulai dari 16GB – 128GB. Untuk smartphone dengan harga yang murah, biasanya tidak menyediakan fitur untuk menambahkan memori eksternal (SD card) sehingga kapasitas memori yang diandalkan hanya memori internal saja.

Walhasil, banyak pengguna android yang mengalami kendala memori internal penuh. Jika sudah begini, sudah dipastikan smartphone android akan mulai menyebalkan saat digunakan. Banyak aplikasi yang tidak bisa berfungsi dengan baik, misalnya kamera yang tak mau mengambil foto karena memori penuh, notifikasi memori penuh yang muncul terus menerus dan berbagai masalah lain.

Kalau sudah begini, tak ada jalan lain. Sudah pasti cara menambah memori internal android jadi bahan pencarian di google selama seharian. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara menyiasati memori internal penuh salah satunya dengan cara menambah memori internal android itu sendiri. Cara nya pun tak mengharuskan kalian untuk root smartphone kalian terlebih dahulu.

Baca Juga :

Jadi, langsung saja, berikut pembahasan lengkap cara mengatasi memori internal penuh dan cara menambah memori internal android tanpa root.

Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

  1. Menggunakan Aplikasi Adobetable Storage Dari Google

Kabar baik bagi kalian yang memiliki smartphone android yang memiliki fitur memori eksternal dan memiliki android dengan sistem operasi Android 6.0 (Marsmellow) ke atas karena kalian bisa menambah memori internal android kalian dengan bantuan aplikasi bernama adobetable storage buatan google.

Aplikasi ini akan membuat sobat dapat mengalokasikan kapasitas memori eksternal (SD card/memory card) menjadi memori internal, yang mana hal ini hanya bisa dilakukan pada hp android yang sudah di root saja. Sekarang kalian bisa melakukannya tanpa harus repot melakukan root.

2. Rutin Memindahkan File Foto Dan Video Ke SD Card Secara Manual

Trik yang kedua untuk mengatasi memori internal penuh selain dengan menambahkan kapasitas memori internal adalah dengan memindahkan file berukuran besar ke SD card. Dan tentu saja, file yang memakan cukup banyak ruang di memori internal adalah file foto dan video. Sehingga, sangat penting untuk rutin memindahkan file foto dan video dari memori internal ke SD card, karena biasanya otomatis kamera akan menyimpan foto ke memori internal.

3. Hapus File Sampah (Cache) Secara Rutin

Sistem android akan menghasilkan file sampah (atau cache) yang akan menuh-menuhin memori internal hp sobat. So, jangan malas untuk menghapus file sampah atau cache tersebut secara rutin. Kalian bisa menghapus file cache ini di menu pengaturan.

4. Manfaatkan Cloud Storage Seperti Google Photos, Google Drive, Dll

Jika memori eksternal di hp kalian juga terbatas, jangan ragu untuk menyimpan data penting seperti foto, percakapan whatsapp maupun video di cloud storage. Hal ini juga merupakan salah satu cara menambah memori internal android yang patut dicoba. Menyimpan data di cloud storage juga merupakan cara menyimpan file yang aman karena tidak beresiko hilang/rusak asalkan sobat terus mengingat user dan password login.

5. Gunakan OTG USB Sebagai Memori Eksternal Tambahan

Selain cloud storage, USB juga bisa dijadikan alternatif memori eksternal tambahan yang akan membantu melonggarkan memori internal android kalian. OTG merupakan sebuah konektor yang dapat menghubungkan flashdisk langsung ke hp android kalian. Jadi tak perlu repot lagi menghubungkan android kalian ke pc/laptop.

Sekian dulu tips dan cara menambah memori internal android tanpa root dari mixotekno. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat mixotekno yang membacanya.