Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Grafik Patah Patah

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Terbaru
Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Terbaru

Game PUBG Mobile atau PlayerUnknown’s Battlegrounds merupakan salahsatu game yang sedang populer sejak akhir tahun 2017 hingga sekarang ini. Awalnya game PUBG dirilis melalui steam dan hanya bisa dimainkan pada PC.

Namun setelah beberapa bulan kemudian Tencent merilis versi Mobile, Xbox One, dan PS4. Pada versi mobile dibuat hampir mirip menyerupai versi PC, baik dari detail bangunan, bentuk map, dan alur permainan.

Karena game PUBG Mobile memiliki ukuran yang cukup besar, maka kita sering mengalami error seperti lag, freeze, disconnect. Dan masalah yang akan kita baha disini yaitu cara mengatasi lag pada PUBG Mobile.

Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa saja penyebab yang menyebabkan lag saat bermain PUBG Mobile baik di android maupun di IOS ataupun Emulator.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi
  2. RAM Full
  3. Penyimpanan Internal Full
  4. Adanya Bug Pada Game
  5. Jaringan Lemot
  6. Spesifikasi HP Tidak Memadai

Selanjutnya simak cara mengatasi lag saat memainkan PUBG Mobile grafik patah-patah.

1. Setting Grafik

setting grafik pubg mobile

Cara mengatasi lag pertama kali yaitu dengan mengatur grafis yang sesui dengan spesifikasi ponsel yang kamu gunakan. Ada berbagai pilihan grafik yang tersedia dari Smooth sampai Ultra HD.

Semakin jernih grafik yang kamu pilih maka akan semakin menambah lag permainan, karena GPU dipaksa merender gambar dengan jumlah pixel yang lebih banyak disetiingan grafik tinggi dibandingkan grafik rendah.

Hal tersebut menyebabkan HP menjadi panas karena proses yang begitu berat dan performa akan menurun. Ketika performa menurun maka frame rate akan ikut menurun dan kitaakan merasakan lag bahkan freeze.

Jika kamu ingin mendapatkan settingan grafik terendah namun bisa tetap lancar tanpa lag maka kamu bisa melakukanya dengan cara.

  1. Download PUB Gfx+ Tool.
  2. Centang (Zero Lag Mode + Battery Efficient)
  3. Kemudian Apply

2. Gunakan Jaringan Internet Stabil

tes speed koneksi internet

Lag juga dipengaruhi oleh jaringan internet, untuk meload data dibutuhkan internet yang lancar. Kamu bisa menggunakan wifi atau jaringan hotspot. Jika menggunakan jaringan hostspot, maka lag akan terkurangi karena smartphone yang anda gunakan tidak perlu menjangkau sinyal GSM secara langsung, namun menggunakan perantara ponsel lain.

Maka ponsel anda tidak terlalu terbebani karena proses mendapatkan sinyal juga akn menyebabkan performa hp menurun dan cepat panas.

3. Gunakan HP Dengan Spesifikasi Yang Memadai

cara atasi lag pubg mobile

Agar game PUBG Mobile yang kamu mainkan berjalan dengan lancar maka dibutuhkan spesifikasi smartphone yang memadai. Pastikan ram, sistem operasi, chipset dan gpu yang ada pada hp yang kamu gunakan memadai.

Jika ponsel kamu belum memadai saya sarankan jangan dipaksakan, karena gameplay yang didapatkan pastinya akan sangat parah dan bikin emosi saja. Berikut adalah minimum spesifikasi hp untuk bermain PUBG Mobile agar tidak lag.

Spesifikasi Android IOS
Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop IOS 9
RAM 2GB 1GB
Penyimpanan Internali 4GB 2GB
CPU Quad Core Dual Core

Baca Juga : 15 Rekomendasi HP Terbaik Untuk Main Game PUBG Mobile

4. Pilih Server Yang Tepat

lokasi server pubg

Pada settingan default saat kita memainkan game PUBG Mobile yaitu bermain pada server North Amerika. Ini merupakan salahsatu faktor yang menyebabkan game terasa berat atau ngelag.

Karena PUBG Mobile menyediakan berbagai pilihan server di seluruh Dunia, maka server yang paling cepat untuk kita yang berada di Indonesia yaitu Server Asia. Namun bukan berarti server lain tidak cepat, tergantung kondisi server yang bisa kita indentifikasi melalui warna yaitu hijau, kuning, dan merah.

Warna hijau menandakan bahwa server stabil, warna kuning menandakan kurang stabil, sedangkan warna merah mendakan server tidak stabil atau penuh. Untuk mengganti lokasi server permainan pada PUBG Mobile kamu bisa melakukanya sebagai berikut.

 

  1. Pada halaman utama (Lobby)
  2. Klik Map (Select Mode)
  3. Lalu pilih server pada bagian kanan atas

5. Gunakan Gaming Mode

Pada smartphone masa kini biasanya tersedia fitur gaming mode yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan performa saat bermain game. Namun sayangnya tidak semua hp memiliki fitur ini.

Jika hpmu bukan hp gaming yang tidak memiliki fitur gaming mode maka kamu bisa menggantinya dengan aplikasi Game Booster.

Aplikasi ini berfungsi memaksimalkan kinerja CPU agar berjalan lebih maksimal. Selain itu game booster juga akan menutup otomatis aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga RAM akan lebih longgar.

Itu dia beberapa cara atau tips yang bisa saya bagikan untuk kamu para pecinta game mobile khususnya PUBG Mobile.