10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Dll

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Dll

Masalah yang paling sering dialami oleh pengguna android adalah seringnya muncul notifikasi penyimpanan internal penuh atau ruang penyimpanan hampir habis. Notifikasi ini kerap muncul misalnya saat sobat ingin menginstall aplikasi baru dari playstore, menyimpan file dari google atau bahkan saat sedang berfoto menggunakan HP sobat. Tentu mendapatkan notifikasi tersebut adalah hal yang menyebalkan karena sobat tidak bisa menginstall aplikasi baru, atau menyimpan file yang sobat butuhkan bahkan sekedar untuk menjepret satu gambar saja.

So, bagi kalian yang sedang pusing mencari cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis atau cara mengatasi penyimpanan internal penuh, mixotekno punya beberapa tips yang bisa sobat lakukan supaya sobat bisa membebaskan smartphone android sobat dari masalah ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis, sobat perlu mengetahui dulu apa saja penyebab utama memori internal smartphone android kalian cepat penuh berikut ini :

  • Terlalu banyak aplikasi yang di install di smartphone.
  • Terlalu banyak file cache yang berasal dari aktifitas browsing, gaming dan dari aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone.
  • Terlalu banyak menyimpan file video, lagu mp3, gambar dan file lainnya.
  • Memori Internal terlalu kecil (HP Low Spec)

So, setelah mengetahui apa penyebab dari permasalahan memori internal cepat penuh, berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasinya.

Baca Juga :

Trik & Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Pada Android

Trik 1 : Hapus File Cache Secara Manual

File chache adalah file yang sifatnya sementara yang dihasilkan dari berbagai aktifitas yang dilakukan di smartphone sobat. Gunanya untuk menyimpan sebagian data sistem pada aplikasi tersebut sehingga jika sobat mengakses aplikasi tersebut beberapa kali, maka kecepatan akses aplikasinya akan menjadi lebih cepat daripada saat membuka aplikasi pertama kali. Bayangkan berapa banyak aplikasi yang sobat gunakan? Atau berapa banyak situs yang sobat kunjungi dan menghasilkan file cache yang menumpuk di sistem?
So, tak usah ragu! Secepatnya sobat harus menghapus cache secara manual untuk memberikan space kembali pada penyimpanan internal android sobat.
  1. Masuk menu Setting/Pengaturan >> Apps (Aplikasi) di HP Android Sobat
  2. Kemudian pilih Aplikasi yang sering sobat gunakan, misalnya aplikasi Whatsapp, Instagram, Facebook, Chrome, Game dst.
  3. Setelah itu pilih “Clear Data /Hapus Data”.
  4. Akan muncul notifikasi “Delete Apps Data?” Pilih OK.

Menghapus cache tidak akan menghapus data-data dalam aplikasi sobat jadi tak perlu khawatir. Lakukan bebersih file cache ini secara rutin sebagai cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis.

Trik 2 : Hapus File Pesan SMS Atau Pesan di Aplikasi Chatting

File yang paling banyak memenuhi ruang penyimpanan internal android selain tentunya file foto dan musik adalah file pesan. Sepele memang, tapi apakah sobat sadar berapa banyak pesan/chat dari sms maupun dari aplikasi chatting seperti Whatsapp, LINE, FB messenger dst? Pada trik ini, kami tidak menyuruh sobat untuk menghapus semua chat/pesan yang ada karena pasti ada beberapa chat/pesan yang penting bagi sobat. So, lakukan tips berikut ini untuk menghapus file sms/chat :

  • Hapus SMS spam, SMS seperti OTP dll. Kini tak banyak yang menggunakan SMS biasanya SMS yang masuk tak jauh-jauh dari SMS spam, SMS penipuan, SMS pinjaman online dll yang tidak ada salahnya untuk dihapus.
  • Hapus chat group di aplikasi whatsapp/LINE. Karena chat group yang paling banyak memakan ruang penyimpanan online android kalian.
  • Pilih beberapa chat whatsapp/LINE yang kurang penting lalu hapus.

Trik 3 : Jangan Mengaktifkan & Segera Matikan Auto-Save Gambar Pada Aplikasi Chatting

Nah ini yang kadang terlupakan bagi sebagian pengguna android. Secara tak sadar, fitur auto-save media di aplikasi chat macam whatsapp & line membuat memori hp kalian cepat penuh dan membuat kuota internet sobat cepat habis tentunya. Jadi alangkah baiknya mematikan fitur auto-save media terutama di chat group dengan cara berikut :

  1. Tap pada profil chat group atau chat room pribadi yang ada pada whatsapp sobat.
  2. Pada menu Save To Camera Roll pilih Never.

Trik 4 : Atur Penyimpanan Hasil Jepretan Kamera ke SD Card

Setiap satu jepretan foto dari kamera smartphone kalian memiliki ukuran 3 – 5 MB tergantung dari spesifikasi kameranya, semakin bagus spek kameranya maka ukuran file fotonya akan semakin besar pula. Jadi, pastikan penyimpanan file hasil jepretan kamera di android sobat sudah di atur ke SD card dengan cara berikut ini :

  1. Buka dulu aplikasi “Kamera” di smartphone sobat.
  2. Tap pada “Icon Gear/Icon Setting”.
  3. Kemudian cari menu “Lokasi Penyimpanan pilih/ubah menjadi SD Card“.
  4. Selesai.

Trik 5 : Memindahkan File Foto, Musik dan Video Yang Ada di Memori Internal ke SD Card

Siapa tau, ada beberapa file gambar, musik, video, foto dan file lainnya yang masih tersimpan di memori internal setelah sobat mengatur penyimpanan ke SD card. Jadi, pastikan memindahkan file foto, gambar, musik dan video yang ada di memori internal ke eksternal dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi “File Manager” Lalu pilih Penyimpanan Internal.
  2. Pilihlah beberapa folder yang disinyalir masih menyimpan foto, musik dan video seperti folder camera, gallery, music, download, DCIM, dll.
  3. Jika sobat menemukan file-file yang bisa dipindahkan, tap pada file tersebut Lalu pilih opsi “Move (memindah)” atau “Copy (menyalin)“.
  4. Arahkan “Paste” ke folder penyimpanan yang ada di sd card.

Trik 6 : Hapus Aplikasi-Aplikasi Yang Jarang Digunakan & Tidak Diperlukan

Tidak semua aplikasi yang terinstall di android kalian sering digunakan bukan? Mungkin dulu sobat menginstallnya karena aplikasi tersebut sedang nge-hype, atau ada aplikasi bawaan yang terinstall saat pertama kali membeli HP baru. Sortir lah aplikasi-aplikasi yang jarang sobat gunakan dan tidak terlalu sobat butuhkan lalu hapus aplikasi tersebut dengan cara :

  1. Buka menu “Setting / Pengaturan“.
  2. Lalu pilih “Setelan > Manajemen Aplikasi“ dan pilihlah aplikasi mana saja yang ingin sobat hapus.
  3. Setelah itu tap “Hapus Instalasi” tunggu sampai prosesnya selesai.

Trik 7 : Gunakan Bantuan Aplikasi Pembersih Memori

Aplikasi pembersih memori sangat bermanfaat untuk mendeteksi adanya file-sile sampah yang tersimpan di sistem android kalian yang bisa dihapus untuk memberikan lebih banyak ruang di memori internal android. Memang kebanyakan Android keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur pendeteksi storage/memori, namun bagi sobat yang menggunakan android jadul, sobat bisa menginstall aplikasi pembersih memori untuk membantu sobat. Beberapa aplikasi yang cukup terkenal diantaranya adalah CC Cleaner, clean master, Du battery saver, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Trik 8 : Hapus Data Offline Pada Beberapa Aplikasi

Kini beberapa aplikasi online menyediakan fitur offline yang dimaksudkan agar pengguna masih bisa menikmati konten yang ada di aplikasi secara offline atau saat sedang tidak memiliki akses ke internet. Contoh beberapa aplikasi yang kami maksud adalah Youtube, Joox, Spotify, dll. File-file offline ini lah yang tersimpan di memori internal kalian dan memenuhi spacenya. Jadi lebih bijak untuk menghapus file-file tersebut untuk membebaskan beberapa ruang di penyimpanan internal.

Trik 9 : Perbesar Ruang Penyimpanan Eksternal

Pilihlah SD Card dengan Ukuran 16GB ke atas sebagai ‘support’ ruang penyimpanan di android kalian. Teknologi semakin maju, otomatis kualitas file yang dihasilkan dari smartphone terbaru juga akan semakin besar. Sobat juga perlu sekali untuk memiliki SD Card dengan space yang besar.

Trik 10 : Ganti Android Kalian Ke Android Yang Spesifikasinya Lebih Tinggi

Tips ini adalah tips terakhir yang ditujukan bagi sobat mixo yang menggunakan android low spec alias android jadul. Mengapa tips ini kami masukkan? Karena sekali lagi kami tekankan, teknologi semakin canggih, aplikasi yang ada di android juga akan terus melakukan pembaharuan pembaharuan dan pastinya pembaruan tersebut akan memperbesar ukuran file aplikasi. Jadi apabila ada kelebihan rezeki, gantilah smartphone kalian ke smartphone yang spesifikasinya lebih tinggi.

Nah, itu tadi tips & trik serta cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat mixotekno yang membacanya.