Cara Mengatasi Unfortunately Google Play Service Has Stopped

cara mengatasi Unfortunately Google Play Services Has Stopped mixotekno

Cara Mengatasi Unfortunately Google Play Service has stopped Di HP Android

‘Unfortunately, Google Play Service has stopped’. Apakah saat ini notifikasi tersebut terus menerus muncul di HP android milik sobat? Jangan tanya seberapa mengganggunya notifikasi yang satu ini. Pastinya aktivitas sobat saat menggunakan HP android menjadi terhambat.

Sebetulnya, apa sih Google Play Service yang jadi biang keladi pesan eror tersebut? Google play service adalah layanan bawaan pada HP Android yang memungkinkan Play Store dan aplikasi besutan google lainnya untuk bekerja lebih efisien. Google play service selalu berjalan di latar belakang sistem android sobat.

Google play service ini senantiasa mendukung aplikasi Play Store dan aplikasi-aplikasi google lainnya untuk memperbarui aplikasi. Jadi sobat gak perlu tuh yang namanya setiap saat buka dan pantengin Play Store untuk mengecek apakah ada updatean terbaru dari aplikasi-aplikasi besutan google.

Baca Juga :

Mengenai penyebab google play service eror dan berhenti sehingga memunculkan notifikasi mengganggu dan juga cara mengatasi Unfortunately Google Play Service has stopped akan admin kupas tuntas di artikel ini. So, jangan males scroll dan baca artikel ini sampai habis ya!

Penyebab Error Unfortunately Google Play Service Has Stopped

Ada banyak alasan kenapa muncul pesan eror bahwa google playstore telah berhenti. Namun umumnya, eror google play service disebabkan oleh versi google play service yang sudah outdate alias ketinggalan zaman.

Selain versi yang sudah outdate, masalah jaringan dan bug software juga bisa menjadi penyebab error google play service. karena error ini biasanya akan muncul setiap kali sobat akan membuka aplikasi playstore dan aplikasi google lainnya.

Cara Mengatasi Unfortunately Google Play Service Has Stopped

Setidaknya ada 5 cara untuk mengatasi pesan eror ‘Sayangnya, Layanan Google Play Telah berhenti. Pastikan untuk mengikuti 5 metode berikut ini dengan hati-hati ya sob!

1. Restart HP

Langkah pertama yang wajib sobat lakukan saat menemukan pesan eror apapun di HP android adalah dengan merestar HP. Dengan merestart HP, diharapkan sistem bisa merefresh diri dan eror-eror yang muncul bisa direset kembali.

2. Uninstall Update Dari Google Play Service

uninstall update google play service

  1. Masuk menu Setting >> Security >> Device Administration.
  2. Di menu tersebut, kalian akan menemukan beberapa opsi. Pilih opsi Android Device Manager’ lalu pilih Disable.
  3. Kembali ke menu Setting lalu pilih Apps/Application Manager (sesuaikan dengan settingan di HP android sobat).
  4. Scroll ke bawah dan cari dan tap pada Google Play Service atau Layanan Google Play (Barangkali sobat menggunakan pengaturan bahasa Indonesia).
  5. Di page App Info, cari menu titik 3 lalu pilih Uninstall Updates. Atau tombol uninstall updates juga bisa sobat temukan di bagian bawah. Sesuaikan saja dengan tampilan di HP android milik sobat ya, karena settingan tiap HP akan berbeda pastinya.
  6. Jika sudah selesai, masuk lagi ke menu Setting >> Security >> Device Administration. ilih opsi Android Device Manager’ lalu pilih Enable.
  7. Restart HP sobat.

3. Clear Cache Google Play Service clear cache google play service

  1. Masuk ke menu Setting lalu pilih Apps/Application Manager. Cari dan pilih Google Play Service.
  2. Tap pada tombol clear cache. Jika sudah, restart kembali HP sobat.
  3. Selesai.

4. Hapus Google Account Lalu Coba Add Kembali

  1. Masuk ke menu Setting >> Account >> Google.
  2. Tap pada ID email yang tertaut ke HP sobat, lalu pilih Remove Account.
  3. Restart HP.
  4. Setelah selesai restart, masuk kembali ke Setting >> Account >> Google lalu pilih Add Account.
  5. Login ke akun gmail anda yang baru saja di remove.

5. Cek Pengaturan Tanggal & Waktu

Jika pengaturan tanggal dan waktu di HP android sobat tidak tepat/tidak sinkron akan menyebabkan error pada google play service. Pastikan settingan tanggal & waktu di HP kalian sudah benar dengan cara :

  1. Masuk ke menu Setting >> Setelan Tambahan >> Tanggal & Waktu.
  2. Cek apakah seluruh pengaturan tanggal & waktu serta zona waktu sudah sesuai. Jika sobat mendapati settingan tanggal tidak sesuai, silahkan atur kembali ke tanggal & waktu yang benar.
  3. Restart HP.

6. Download Format APK Versi Terbaru Google Play Service

Gagal update google play service merupakan salah satu penyebab munculnya pesan error. maka dari itu, perlu bagi sobat untuk melakukan update manual google play service dengan mendownload apk versi terbarunya dari internet. Detail caranya adalah sbb :

  1. Download versi terbaru apk google play service dengan cara search di google. Atau klik link ini.
  2. Jika sudah selesai download, install Apk nya lalu tunggu sampai selesai.
  3. Jika sudah selesai, restart HP.

7. Reset Ulang Pengaturan Preferesi Aplikasi

Silahkan cek apakah HP android milik sobat memiliki pengaturan preferensi. Jika ada, silahkan rest pengaturan preferensi aplikasi dengan cara sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu setting >> Manajemen Aplikasi lalu tap di icon titik tiga (di pojok kanan atas).
  2. Klik Hapus Preferensi Data Aplikasi lalu klik Reset Aplikasi.
  3. Restart HP android.

8. Update Sistem Android

Cek apakah ada update sistem android di HP sobat. Karena umumnya pesan eror google play service muncul ketika google play service gagal menyesuaikan dengan sistem android terbaru di HP milik sobat.

  1. Masuk ke menu Setting >> About Phone >> System >> Software Update.
  2. Pilih Download Update Manually untuk cek apakah ada update sistem atau tidak.

Itu tadi 8 cara mengatasi Unfortunately Google Play Service has stopped. Semoga salah satu di antara 8 metode di atas bisa membantu sobat dalam mengatasi pesan error google play service ya.