Cara Menghapus Akun Ovo Permanen

Cara Menghapus Akun Ovo Permanen

Tak perlu Bingung, Seperti Ini Cara Menghapus Akun OVO Permanen

OVO (PT Visionet Internasional) yang didirikan pada 25 September 2017 termasuk salah satu pionir layanan keuangan digital Indonesia. Layanannya berfokus untuk memudahkan transaksi finansial pengguna ke berbagai merchant dan layanan lain.

Pengguna OVO bisa menggunakan layanan ini untuk membayar transaksi di toko online, pusat perbelanjaan, stand makanan hingga layanan ojek. Namun karena berbagai alasan, ada kalanya pengguna mencari cara menghapus akun OVO permanen.

Menghapus Akun OVO Secara Permanen, Haruskah Anda Lakukan? Bagaimana Caranya?

Meskipun menawarkan manfaat yang semakin relevan belakangan ini, nyatanya tak mampu membuat orang merasa yakin dan aman menggunakan OVO. Ada berbagai macam alasan mengapa Anda mungkin perlu mempertimbangkan cara menghapus akun OVO permanen tersebut. Berikut ini ada beberapa alasan yang mendasari pengguna OVO memutuskan untuk berhenti menggunakan layanan tersebut. Mungkin saja Anda memiliki alasan yang sama.

Tidak Yakin dengan Layanan OVO

Apabila sudah masuk ranah keyakinan, tentu akan sulit untuk dipertahankan. Seseorang bisa saja merasa tidak yakin dengan layanan keuangan yang ditawarkan OVO anya karena tidak suka dengan tampilan, baru mengetahui tentang konsep layanannya, ragu dengan keamanan data pribadi dan lain sebagainya.

Masalah dengan Nomor Handphone

Seperti diketahui bahwa setiap akun OVO terhubung dengan satu nomor handphone HP dan satu email pribadi. Transaksi yang dibayar dengan layanan OVO akan meminta konfirmasi dari nomor handphone (OTP). Masalah muncul saat nomor tersebut bermasalah, entah itu sudah tidak aktif atau bahkan hilang. Mengganti nomor handphone yang terkait dengan akun OVO sendiri dinilai lebih rumit dibanding membuat akun baru dengan nomor handphone baru.

Baca Juga :   Cara Membuat Tulisan Tebal Dan Miring di WA atau WhatsApp

Masalah dengan KTP

Anda yang ingin memiliki akun OVO Premiere akan membutuhkan KTP dalam prosesnya. Ada kalanya Anda ingin membuat akun OVO lainnya juga menjadi Premiere. Dalam kasus ini, Anda harus menggunakan KTP lain lagi karena adanya kebijakan 1 KTP 1 akun. Jika akun yang baru lebih penting atau lebih sering Anda gunakan, maka Anda pun harus menghapus akun Premiere sebelumnya.

Lalu bagaimana cara menghapus akun OVO secara permanen? Tidak ada cara lain yang dapat Anda tempuh untuk mnghapus akun ini selain dengan menghubungi pihak OVO sendiri. Anda yang sudah terlanjur mendatangi both mereka di lokasi pusat-pusat perbelanjaan pun bisa meminta bantuan mereka untuk langkah-langkah menghapus akun. Pihak layanan bantuan OVO sendiri juga cukup responsif menangani berbagai pertanyaan dan permintaan pengguna, termasuk untuk penghapusan akun.

Cara menghapus akun OVO permanen

Hal ini bisa Anda lakukan dari smartphone dengan sedikit kesabaran untuk menjalani prosesnya. Langkah-langkah yang akan Anda jalani antara lain:

Buka email yang yang Anda gunakan untuk mendaftar akun OVO yang hendak dihapus. Selanjutnya kirim email ke cs@ovo.id dan jangan lupa untuk menyertakan nomor handphone yang dikaitkan dengan akun OVO tersebut. Jelaskan pula secara singkat alasan Anda ingin menghapus akun tersebut.

Setelah email terkirim, tunggu sampai ada balasan dari OVO yang biasanya akan meminta Anda untuk membalas email mereka dan melampirkan

  • nomor handphone aktif yang bisa dihubungi
  • konfirmasi kapan Anda bisa dihubungi (misalnya 08.00 hingga 20.00 atau kapan saja),
  • foto KTP/eKTP yang masih berlaku,
  • foto selfie sambil memegang KTP/eKTP.

Pihak OVO akan membalas tentang kapan mereka akan menghubungi Anda melalui telepon guna verifikasi permintaan. Saat proses verifikasi, mereka akan menanyakan antara lain:

  • nama lengkap,
  • nama ibu kandung,
  • nomer KTP/eKTP,
  • nomer handphone dan email yang terkait dengan akun yang akan dihapus,
  • transaksi terakhir (jika ingat), dan
  • sisa saldo OVO Cash maupun OVO Points.
Baca Juga :   Cara Merubah Kuota Malam Indosat Menjadi Kuota Utama 24 Jam

Setelah proses verifikasi dinyatakan selesai, Anda biasanya akan diminta menunggu maksimal hingga 5 hari kerja (Sabtu Minggu tidak termasuk). Namun tak menutup kemungkinan pula akun Anda terhapus selang sehari setelah permintaan diverifikasi.

Apabila KTP/ eKTP sudah Anda gunakan untuk upgrade akun OVO yang pada akhirnya Anda hapus, maka saat Anda ingin mengupgrade akun OVO yang baru harus datang ke booth. Artinya upgrade kedua untuk KTP tersebut, tidak bisa dilakukan secara online seperti sebelumnya.

Itulah cara menghapus akun OVO permanen yang bisa Anda lakukan. Roses yang tidak mudah dan cukup berbelit ini sejatinya bisa Anda maklumi karena untuk alasan keamanan. Terlebih untuk layanan yang berhubungan dengan keuangan.