Cara Menghapus Data Di Pinjol (Pinjaman Online) Gak Rugi! Coba Aja Dulu!

cara menghapus data di pinjol

Cara Menghapus Data Di Pinjol (Pinjaman Online) Gak Rugi! Coba Aja Dulu!

Pinjol atau pinjaman online kini makin merajalela dan menjamur. Tentu saja ada aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar dan terpantau di OJK yang terjamin keamanannya. Namun lebih banyak lagi aplikasi pinjol ‘kaleng-kaleng’ yang sangat amat mudah memberikan pinjaman pada sobat.

Mudah di awal saat meminjam, tapi justru itu adalah awal bagi sobat untuk menggali sendiri kuburan sobat. Semakin mudah pinjol memberikan pinjaman artinya semakin besar pula bunga yang akan dibebankan yang akan mencekik sobat, membuat sobat tak nyenyak tidur dan tak nafsu makan akibat tak mampu melunasi hutang pinjol.

Pinjol semacam ini tak ubahnya rentenir yang menjelma di dunia maya. Belum lagi ulah debtcollector (DC) dari pinjol yang akan menghalalkan segala cara untuk menagih hutang pokok plus bunga pinjaman sobat. Admin yakin sobat yang membaca artikel ini sedang merasa resah dengan ulah si DC.

Salah satu ulah DC yang paling ‘mengerikan’ adalah dengan menghubungi seluruh kontak yang ada di HP sobat untuk menagih pembayaran di saat sobat melewati jatuh tempo pembayaran. Sudah pusing melunasi hutang plus bunga, ditambah lagi reputasi kalian menjadi rusak di mata kerabat dan kolega.

Kenapa DC Pinjol Bisa Menghubungi Orang-Orang Terdekat Kalian?

Mungkin kalian bertanya tanya dengan frustasi, kok ajaib sekali pihak debt collector pinjaman online bisa mengetahui nomor-nomor keluarga jauh, teman sekantor bahkan teman kalian semasa SMA dulu. Ada pula sebagian yang berfikir bahwa pihak pinjol sudah meng-hack smartphone kalian.

Namun, jawaban atas pertanyaan kalian itu sangatlah mudah. Kenapa mereka bisa melihat dan menyimpan serta menghubungi seluruh nomor kontak yang ada diHP kalian adalah karena sobat sendiri lah yang memberikan izin.

Bagaimana maksudnya? Mungkin sobat sering tidak menyadari, saat pertama kali mendownload dan menginstall aplikasi pinjol, saat pertama kali membuka aplikasi akan muncul notifikasi untuk meminta izin akses.

Disitulah celah bagi pinjol untuk mengakses informasi kontak yang ada di HP kalian. Jadi ini semua adalah akibat dari sobat yang ‘lengah’. Karena perkara yang satu ini lah banyak sekali yang mencari tau cara menghapus data di pinjol.

Adakah Cara Menghapus Data di Pinjol?

Sebenarnya sampai saat ini belum ada cara menghapus data yang sudah terlanjur terekam pihak pinjol. Namun ada beberapa tips yang tak ada salahnya kalian coba lakukan untuk menghindari terjadinya peristiwa yang membuat malu misalnya saat si DC menghubungi teman sekantor kalian untuk menagih hutang.

1.Block Izin Akses Aplikasi Ke Kontak, Dll.

Karena sobat sudah mengetahui sumber masalahnya adalah lengahnya kalian yang memberikan izin aplikasi pinjol untuk mengakses data kontak yang tersimpan di HP kalian, maka cobalah untuk memblokir settingan izin tersebut. Caranya :
1. Buka Menu Setting/Pengaturan.
2. Pilih menu Aplikasi/Manajemen Aplikasi.
3. Cari aplikasi pinjol yang terinstall, pilih hapus data aplikasi dan matikan semua izin akses terutama ke kontak.

Tips yang satu ini work untuk beberapa aplikasi pinjaman online. Ada yang berkata bahwa kalian bisa mematikan izin akses apabila sudah mendekati tanggal jatuh tempo, sekitar H-5. Jadi ada kemungkinan pihak pinjol tidak benar-benar backup dan menyimpan data kontak kerabat kalian dalam satu database.

Kemungkinan mereka hanya mengaksesnya saat akan memulai aksi teror ke kerabat kalian saat menagih hutang yang hampir jatuh tempo. Dan apabila kalian lakukan tips ini, bisa jadi pihak pinjol yang berencana memulai aksi teror urung melakukannya karena tidak mendapat akses lagi.

2. Segera Lunasi Hutang Pinjol Kalian

Terdengar basi memang, tapi mau bagaimana lagi? Cara satu-satunya untuk menghentikan aksi teror DC yang menghubungi kontak teman dan kerabat kalian adalah dengan melunasi hutang. Tapi ingat, jangan gali lobang tutup lobang sob!

Mungkin sekian dulu tips dari mixotekno. Sekali lagi, kami jelaskan tips ini bukan berarti works untuk seluruh aplikasi pinjol, karena kita tidak pernah tau bagaimana sistem pinjol itu berjalan. Satu lagi, jangan pernah percaya terhadap jasa hapus data pinjol karena sama saja kalian percaya pada penipu.

Semoga sobat yang terjerat pinjol saat ini bisa melewati dan melunasi hutangnya dengan segera. Dan apabila sudah bisa keluar dari ‘neraka’ pinjol, jangan sampai kalian masuk kembali ke dalam jerat pinjol.