Contoh & Fungsi: Komponen Perangkat keras Komputer Input Output

Komponen Perangkat Keras Komputer
Komponen Perangkat Keras Komputer

Komponen Komputer – Zaman semakin modern, teknologi kian melejit drastis jika kita bandingkan dengan 10 Tahun silam. Berbagai macam tipe peralatan elektronik yang mungkin diluar nalar batas kemampuan kita berfikir, seperti halnya komputer yang merupakan sebuah kebutuhan utama bagi setiap orang di era modernisasi.

Sebagai pemakai komputer tentu kita tidak akan mau tau tentang apa saja yang ada pada rangkaian tubuh komputer tersebut. Namun alangkah bagus nya jika kita mengetahui satu persatu komponen yang tersusun hingga membentuk sebuah nama “Komputer”.

Mari kita cari tau komponen komputer yang akan saya bahas dibawah ini.

Baca Juga : 7 Perbedaan HDD dan SSD Yang Wajib Kamu Tau

Mengenal Komponen Perangkat Keras Komputer

mengenal komponen komputer

Perangkat keras komputer pada umumnya bisa kita sebut sebagai Hardware (perangkat keras), sedangkan Software (perangkat lunak) termasuk kedalam kategori isi dari hardware. Namun pada kali ini saya hanya akan membahas mengenai hardware saja, yaitu beberapa komponen perlengkapan komputer yang harus kita ketahui.

Adapun Hardware komputer ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu perangkat Input, Output, Proses, dan Storage (penyimpanan). Untuk hardware dalam kategori Input meliputi : Keyboard, Mouse dan Piranti Optik.

Lalu perangkat storage atau penyimpan yaitu : RAM dan Hardisk.Sedangkan yang termasuk dalam golongan Output adalah : Monitor, Printer dan speaker.

Untuk anggota hardware komputer yang tergolong dalam Bagian proses adalah CPU nah dari CPU ini nanti akan dipecah menjadi beberapa bagian termasuk : RAM, Motherboard, Prosesor dan Hardisk.

Semua itu akan kami bahas lebih lanjut beserta keterangan masing-masing dalam lanjutan artikel dibawah ini.

Komponen Komputer Bagian Input

Yang dimaksud bagian input disini adalah perangkat masukkan. Perangkat masukan berfungsi memasukan perintah kepada perangkat proses dan hasilnya akan dikeluarkan oleh perangkat output. Adapun hardware yang masuk dalam kategori input akan saya bahas lengkap melalui uraian singkat dibawah ini :

1. Mouse

mouse

Mouse merupakan perangkat keras dengan tipe Input yang mempunyai fungsi untuk menggerakkan pointer, dimana pointer ini nantinya yang akan menentukan hasil dari perintah kita.

2. Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk perintah memasukkan angka, huruf dan karakter lainnya maka itulah keyboard. Dahulu kala keyboard di indonesia dikenal sebagai papan ketik komputer.

Baca Juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard

3. Piranti Optik

cd rom

CD ROM, CD RW, Optik DVD, DVD RW merupakan sebuah perangkat keras dengan jenis Input yang berfungsi sebagai alat pembaca CD.

Komponen Komputer Bagian Output

Sedangkan yang dimaksud dengan hardware dalam jenis Output adalah sebuah perangkat keras dan komponen komputer yang bisa menghasilkan informasi dan akan diproses untuk perintah komputer.

Adapun perangkat keras komputer output ini antara lain adalah :

1. Monitor

monitor

Monitor komputer berfungsi untuk menampilkan proses atau apa yang sedang kita kerjakan di komputer tersebut.

2. Printer

printer

Perangkat ini adalah hardware yang berfungsi untuk menerjemahkan atau mencetak apa yang sudah kita tulis di komputer dengan sebuah hasil yang nyata.

3. Speaker

speaker

Untuk perangkat jenis ini hanya merupakan sebuah tambahan yang mempunyai fungsi mengeluarkan suara dari hasil perintah yang kita lakukan di komputer.

Baca Juga : 5 Rekomendasi VGA Gaming Terbaik Paling Murah

Komponen Komputer Bagian Proses

Komponen proses ini berfungsi memproses data dari perangkat input, dalam hal ini yang mempunyai peran adalah CPU (Central Prosecing Unit). Nah di dalam CPU inilah tempat dikumpulkan nya macam-macam komponen hardware dengan jenis Bagian Proses.

Bagian dalam CPU atau otak dari sebuah komputer ini terdiri dari beberapa bagian, berikut beberapa bagian-bagian perangkat proses :

1. Memory (RAM)

ram

RAM merupakan komponen komputer yang mempunyai tugas untuk menyimpan data sementara saat kita menggunakan program yang ada dalam komputer.

2. Motherboard (Papan Sirkuit)

motherboard

Motherboard merupakan sebuah induk dari CPU, yang menghubungkan antara komponen-komponen Output, Input dan komponen bagian proses semua disambungkan oleh hardware yang bernama motherboard.

3. Prosesor

prosesor

Fungsi prosesor yaitu mengontrol sebuah sistem dan merupakan komponen utama yang berfungsi memproses seluruh data dari komputer yang sedang kita jalankan.

4. Hardisk

hardisk

Perangkat keras jenis hardisk ini merupakan sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data seperti file teks, gambar, vidio, lagu, dll.

Itulah komponen komponen komputer yang paling dasar dan harus anda ketahui, agar jika ada kerusakan disalah satu hardware komputer tersebut anda bisa langsung membeli atau memperbaikinya dengan harga komputer yang bervariasi.

Sekian pembahasaan kali ini, yaitu berjudul Komponen Komputer Lengkap Beserta Contoh Dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan komputer.