Cara Mengatasi Hp Lenovo Mentok di Logo

Cara Mengatasi Hp Lenovo Mentok di Logo

Penyebab HP Lenovo Mentok di Logo dan Cara Mengatasinya

Sebagai salah satu produsen perangkat elektronik terkemuka di dunia, Lenovo memang banyak memiliki produk yang menarik. Mulai dari laptop hingga handphone, produk buatan Lenovo memang selalu layak dijadikan pertimbangan konsumen.

Ya, salah satu lini produk yang cukup sukses dari brand yang satu ini adalah smartphone mereka. Dengan harga yang  kompetitif, HP Lenovo memang berhasil mendapat tempat di pasar. Mungkin ini pulalah alasannya Kamu bisa sampai di halaman ini untuk mencari cara mengatasi masalah HP Lenovo mentok di logo.

Penyebab HP Android Macet di Logo

Perlu Kamu ketahui bahwa masalah HP android yang mentok di logo ini tak hanya dialami oleh produk dari brand Lenovo saja. Tak sedikit pula kasus serupa menimpa HP dari brand lain yang bahkan sudah lebih dulu atau bahkan lebih populer dibanding Lenovo. Jadi penyebab HP Lenovo mentok di logo yang akan kita bahas kali ini, juga bisa saja berlaku untuk ponsel lainnya.

Kondisi mentok di logo ini bisa dijelaskan sebagai ponsel yang tidak bisa masuk ke tampilan layar awal, hanya menampilkan logo merek atau brand HP saja dan tidak menunjukkan adanya tanda masuk ke sistem setelah lebih dari 30 menit atau bahkan lebih.

Awalnya pun tidak selalu pada saat ponsel dinyalakan, tetapi juga saat sedang digunakan sekalipun. Tiba-tiba HP mati, lalu menyala kembali dalam kondisi seperti yang disebutkan tadi.

Selain menyebutnya dengan mentok di logo, banyak pula yang menyebut kondisi ini dengan stuck, hang atau macet. Berbeda dengan kondisi bootloop yang mana ponsel akan terus restart hingga ia kehabisan daya. Pada kondisi stuck ini, HP Lenovo-mu tidak restart melainkan hanya diam di logo Lenovo saja.

Secara umum, penyebab smartphone android ataupun HP Lenovo mentok di logo antara lain seperti di bawah ini:

Adanya Kesalahan Sistem

Berhubungan dengan gagalnya pembacaan data dan software oleh sistem. Hal ini bisa dikarenakan adanya data yang corrupt atau rusak pada file sistem. Pemicunya, bisa dikarenakan ulah pengguna, adanya aplikasi baru atau manajemen sistem android dan sebagainya. Kegagalan membaca atau menemukan data ini mengakibatkan HP tidak bisa menyelesaikan proses penyalaan (booting) hingga akhirnya macet di bootloader saja.

Baca Juga :   Apa Arti Kuota OMG Telkomsel Dan Digunakan Untuk Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Root

Kalau Kamu termasuk pengguna tingkat mahir atau superuser, harusnya sudah menyadari akan efek dari perubahan yang Kamu lakukan terhadap ponsel dengan akses root. Sebenarnya, root memang tidak serta merta merusak HP, hanya saja, baik Kamu, aplikasi atau bahwa situs berbahaya bisa saja mengutak-atik sistem yang hasilnya sama dengan kondisi pada poin di atas.

Custom ROM

Lebih jauh dai sekedar membuka akses root di atas, penggunaan ROM selain yang dibawakan Lenovo pun juga bisa saja berujung pada kondisi stuck. Adanya ketidaksesuaian antara Custom ROM dengan kernel maupun hardware bisa saja berujung pada gagalnya proses booting. Tak menutup kemungkinan pula adanya fitur yang belum disempurnakan ataupun bug oleh Chief atau Developer ROM tersebut.

Hardware

Bisa saja masalah gagal booting alias mentok di logo ini juga dikarenakan oleh hardware bagian dalam dari HP Lenovo-mu. Pada kondisi tertentu, ponsel perlu memastikan hardware spesifik dalam kondisi berfungsi normal agar ia mampu menyelesaikan booting. Namun, pada seringkali masalah ini berujung pada kondisi bootloop.

Cara Mengatasi HP Lenovo Mentok di Logo

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan agar bisa keluar dari kndisi macet di logo ini, diantaranya sebagai berikut:

Restart

Menyalakan ulang bertujuan untuk menyegarkan kembali atau mencoba pembacaan ulang data dan software oleh sistem. Restart juga bisa mengurangi beban pada sistem secara berkala dengan menghapus data yang sudah tidak terpakai atau menutup aplikasi yang sudah tak digunakan. Inilah alasannya mengapa Kamu dianjurkan untuk sesekali melakukan restart, bahkan setiap sehari sekali.

Caranya pun mudah saja, cukup dengan melepas baterai untuk HP Lenovo yang removable (dapat dilepas). Untuk baterai tanam, Kamu bisa tekan tombol power hingga layar mati. Lepas pula SIM Card dan MicroSD dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, coba Kamu nyalakan kembali ponsel tersebut dengan memasang baterai, kartu SIM dan memori.

Baca Juga :   Cara Setting Jam G Shock

Hapus Cache

Cache adalah data yang diperlukan sistem agar bisa menjalankan aplikasi dan tugas yang diminta. Seiring penggunaan, data ini semakin besar ukurannya di penyimpanan internal hingga menjadi tambahan beban.

Inilah yang kemudian juga bisa membuat sistem menjadi error hingga memaksa HP untuk melakukan restart. Sayangnya, tak jarang HP justru tidak sanggup menuntaskan booting.

Menghapus cache dalam kondisi stuck hanya bisa Kamu lakukan dari mode Recovery. Jelas, karena Kamu tidak bisa mengakses setting. Matikan HP dengan cara di atas, lalu masuk ke mode Recovery menggunakan tombol kombinasi sesuia tipe HP Lenovo-mu.

Setelah berada di mode tersebut, arahkan highlight ke opsi Clear Cache Partition lalu konfirmasi dengan memilih Yes atau OK. Lalu arahkan pula highlight ke opsi Clear Dalvik Cache dan konfirmasi lagi. Terakhir, arahkan ke Reboot System Now untuk menyalakan ulang HP.

Factory Reset

Seharusnya langkah di atas sudah bisa membuat ponselmu kembali ke layar awal. Namun, jika belum berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Factory Reset. Caranya juga bisa Kamu lakukan dari mode Recovery di atas. Bedanya, opsi yang dipilih adalah Wipe Data/ Factory Reset.

Ini akan menghilangkan semua data yang disimpan di memori internal HP dan mengembalikannya ke setelan pabrik. Semua file pribadimu dan aplikasi yang Kamu instal akan dihapus pula, termasuk penyebab masalah HP Lenovo mentok di logo. Pertimbangkan apakah langkah ini perlu.

Flash Ulang

Jika kesalahan data atau corrupt sudah tidak dapat dipulihkan dengan reset pabrik, maka perbaikan dapat dilakukan dengan penulisan firmware atau sistem dari luar. Caranya adalah dengan melakukan flashing menggunakan software komputer seperti QFIL dan sebagainya.

Kamu bisa  melakukan flash ulang ini sendiri dengan mengunduh firmware sesuai tipe HP atau menyerahkan pekerjaan ini kepada profesional seperti counter atau service center.

Bagaimana, sudah punya gambaran dengan apa yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi masalah HP Lenovo mentok di logo ini? Tetap tenang dan jangan panik agar Kamu bisa melakukan langkah-langkah yang dijelaskan dengan baik. Selamat mencoba.