5 Cara Manfaatkan HP Android Bekas / Tidak Terpakai

Memanfaatkan hp android bekas
Memanfaatkan hp android bekas

Manfaatkan HP Android bekas – Tidak sedikit dari kita yang memiliki HP lebih dari satu. Biasanya HP yang terbaru lebih sering digunakan. Sedangkan HP bekas lainnya digunakan sebagai alternatif saja karena fungsinya yang sudah kurang maksimal.

HP android bekas yang diproduksi 3-5 tahun yang lalu memang tidak secanggih yang sekarang. Itu disebabkan karena OS yang digunakan belum diperbarui dan masih menggunakan fitur yang lama. Terutama ini terjadi pada smartphone low end yang performanya seringkali cepat menurun karena kualitasnnya yang rendah.

Memaksimalkan HP Android yang sudah Jadul / Bekas

Namun, bila kita memiliki HP Android bekas yang sudah jarang digunakan karena dianggap sudah lama atau jadul jangan dulu dibuang atau dijual. HP Android bekas ini bisa dimaksimalkan fungsinya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Sebagai Backup File

HP Android bekas yang sudah jadul dan bekas tidak terpakai bisa dijadikan sebagai backup segala jenis file yang kita punya, baik itu berupa foto, video atau file-file lain yang dianggap penting. Ini sama bergunanya seperti halnya flashdisk atau hardisk external.

Tapi sebelum kita gunakan, hapus terlebih dahulu segala aplikasi yang terunduh. Bila perlu kosongkan aplikasi (kecuali aplikasi bawaan) untuk memperluas ruang memori internal maupun externalnya. Dengan begitu kita bisa lebih leluasa memasukan file-file yang ingin dijadikan sebagai back up.

2. Jadikan Sebagai Modem

Daripada nganggur, HP Android jadul atau bekas yang terkoneksi internet dapat dimanfaatkan sebagai modem wifi. Ini lebih hemat daripada kita membeli modem baru. Selain itu, kita bisa lebih nyaman menggunakan Hp Android bekas lain yang kita punya tanpa harus terkuras baterainya karena fungsi modem sudah digunakan pada hp adnroid lama.

Tipsnya, agar HP Android bekas itu dapat bertahan lama sebagai modem maka sebelumnya kita jangan membuka aplikasi. Karena jaringan wifinya akan terbagi-bagi dan bisa jadi akan menguras baterainya. Bila perlu sebetulnya aplikasi-aplikasi dalam HP android bekas terebut dihapus saja karena sudah tidak fungsional lagi.

3. Akun Bisnis

Bagi yang memiliki usaha atau bisnis tertentu maka perlu smartphone yang kedua sebagai pembeda antara Hp pribadi dan hp bisnis. Tujuannya agar kita bisa membedakan mana mana hp yang digunakan sebagai komunikasi dengan keluarga, teman, kerabat dan mana hp Android bekas yang digunakan untuk bisnis.

Hp android jadul bisa diisi dengan beberapa aplikasia sosial media seperti facebook, twitter, Whattsapp atau BBM atas nama bisnis yang kita buat (bukan menggunakan nama pribadi).

4. Manfaat fitur bawaan Android

Di setiap smartphone, selalu terdapat beberapa aplikasi atau fitur bawan android seperti kalkulator, alarm, stopwatch dan pemutar musik yang bisa kita gunakan. Membuka fitur ini di hp android jadul lebih praktis dan tidak perlu membebani hp android yang baru. Jadi kita tidak perlu ribet harus membuka fitur bawaan ini di Hp Android baru kita lagi.

5. Jadikan Remote Universal

Bagi beberapa smartphone jadul yang sudah dibenami IR (Infra Red) ada banyak keuntungannya. Salah satunya bisa pakai sebagai remote kontrol yang universal. Bukan saja bisa jadi remote tv, hp android kita juga bisa disulap menjadi remote untuk perangkat lain seperti remote DVD, AC, atau pun Proyektor menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sudah banyak sekali tutorial dan aplikasi android di playstore yang bisa kita gunakan untuk membuat hp android jadul kita berubah menjadi remote multifungsi.

Itulah Cara Manfaatkan Fungsi HP Android bekas / Jadul. Kita baru sadar bahwa HP Android bekas yang sudah tidak digunakan tenyata bisa memberi banyak manfaat. Oleh karena itu, jangan disia-siakan dan manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan dijual apalagi sampai dbuang-buang ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!